29 Jan 2012

DIENG PLATEAU - Addicted to Travel !

/hihi 

               Kebayang gak sih misalnya di ajak nge-trip di waktu yang mepet banget ??? bukan H-1 apalagi H-7. Sumpah !!! 30 menit sebelum kereta masuk stasiun gue baru tau dan langsung prepare ! weekend kali ini sungguh bisa bikin gue gila !

              Kebangetan banget banget memang tapi berkat kebiasaan baikku yaitu semua peralatan nge-trip selalu siap sedia di dalam daypack, jadi kejadian macam ini sudah terantisipasi dengan baik. Cukup masukin pakaian ganti, daleman (eh, ga bawa ding :p), langsung siap. I'M READY ! !
/hmm




                Dataran Tinggi Dieng (Dieng Plateau) kembali memikat hatiku untuk menghabiskan akhir pekan ini (meskipun sebenarnya sudah terpikat pada hati yang lain :D ). Ga ada rencana buat ke tempat itu. Ide gila itu muncul sekitar jam 6 malam di hari H. 30 menit sebelum kereta berangkat dari stasiun Tanah Abang, Nuril menelpon bahwa dia mendapatkan tiket KA Bengawan. Aku kaget, shock, bingung, seneng, buwwaaahhh ! semuanya mencampur dan dari mulutku cuma ada satu kata. Gilaaa !
/shock

                Status diriku yang masih jadi anak mamih otomatis harus izin dulu ke ortu setiap mau trip. Tapi syukur Alhamdulillah, Mamah yang selalu ngerti malah bilang gini,
                “kapan ? besok ya? Hah! malem ini ? kapan ? jam 10 malem ! sama siapa ? yaudah sanah ! biasa banget kamu ! ada uang ga ?? oh ada, nih barangkali kurang” bayangin deh gimana ekspresi ku ketika menjawab setiap pertanyaan curiga beliau.
               Suatu hari mamah bilang gini, “kamu sih bukan minta ‘izin’ namanya, Cuma ‘Lapor’ kemana, toh di izinin atau enggak tetep aja berangkat”. Tuh Mamah sendiri tau. I love you full deh mam !
/blush

                Tanpa banyak cingcong lagi langsung ku kebut Honda CB ’70 200CC menuju Stasiun Prujakan Cirebon. Entah berapa kecepatannya. Pokoknya jarak 25 KM itu hanya memakan waktu kurang dari 20 menit saja ! Papah yang bonceng ga bisa bilang apa-apa lagi. Sepulang dari trip ini kalimat pertama yang beliau bilang adalah “kamu nyetir kaya setan ! papah sampe ngeri lim”. Ternyaataaaa...
/xd 

                Ternyata aku di bohongin ! Nuril yang di kereta bilang dia udah sampe Stasiun Jatibarang, yah sekitar 30 menit lagi sampe Stasiun Prujakan Cirebon. Gimana gue ga gila cobaaa ! sampe di katain kaya setan kena bapak sendiri :nohope:. Nasib sudah nasib ternyata dia masih di Stasiun Haurgeulis, akhirnya aku nunggu kereta 30 menit lagi. Tepat jam 11 malam kereta berangkat menuju selatan. Tujuan ku Stasiun Kutoarjo, sekitar 5 jam dari Cirebon. Bisa tidur dulu lama nih.
/ngantuk

                Kereta ekonomi penuh penumpang seperti biasa. Tidak ada hiburan lain selain tidur. Yaah, sepanjang malam itu tidur terus dalam posisi duduk. Sebisanya aja dan senyaman mungkin walaupun yakin deh ga ada sisi nyamannya. Asap rokok, bau ketek orang, bau naga, sampe bau nasi pecel berseliweran sepanjang malam. Cueek aja deh pokoknya, entah udah berapa kali naik kereta ekonomi lintas Jawa, sampe udara yang pengap dan bau khas di dalam kereta ekonomi sudah di anggap normal. Duduk di kursi 90 derajat siku-siku ini serasa duduk di singgasana raja. Soalnya, meski peraturan baru sudah berlaku tentang tiket yang 100% tapi masih saja ada orang yang tidur di kolong kursi tetap ada.
/madesu

                Paginya, matahari bersinar lembut dari langit timur. Langit membiru menyingsing sang fajar. Dan aku membuka mata menatap keluar jendela. Dalam hati ku berujar akhirnya pagi juga. Sebuah plang stasiun di lewati kereta bertuliskan Stasiun Wates. Wates ??? what the hell !!!
          
                 Stasiun Kutoarjo sudah lewat 30 menit yang lalu! Mengutuk diri karena tidur pulas tanpa mengatur alarm di handphone. Suara lagu-lagu Ebiet G Ade mengalun kencang dari headset iPod menyumpal suara dari Kepala Stasiun Kutoarjo ketika transit. “Mas e, Kutuarjo sudah lewat 30 menit tadi Njeh” jawab bapak yang duduk di depanku. Perut rasanya melilit memikirkan stasiun sudah terlewat tadi. Cupu, katrok, ndeso banget rasanya gue !

                  Itinerary berubah, berharap lancar malah jadi kaya gini. Please God … 
/floor

/thanks

                Kereta sudah berhenti sepenuhnya di Stasiun Lempuyangan Yogjakarta. Aku segera turun bersama penumpang lainnya. Langsung menuju musholah stasiun untuk menunaikan sholat shubuh yang ‘sedikit’ terlewat. Biasanya aku sholat di kereta jika perjalanan jauh melintas Jawa Timur. Bisa dalam posisi duduk atau di ujung lorong jika suasana tidak begitu penuh.

                Sesuai sholat shubuh terdengar suara KA Kahuripan memasuki stasiun. Teringat dulu menuju Jogja bersama Oom Topik. Dalam hati aku bilang, "mungkin ada om Topik turun dari kereta mau pulang ke Jogja". Lewat begitu saja, sudah saja tidak aku pikirkan lagi. Berjalan menuju pintu keluar dan kembali ke pintu masuk untuk melihat jadwal kereta menuju Kutoarjo yang paling cepat. Sedikit menunggu antrian di depan loket untuk membeli KRL Prambanan Express sepagi mungkin.

                “Mbaaak.. Prambanan Express yang paling pagi ya, 2 orang”, aku meminta 2 tiket Pramex.
/peace
                “jadi Rp.20.000 Mas, kereta nya jam 6.50 ya” ucap Mbak Kasir sambil menunggu uang ku.

                Aku bingung. Di jadwal yang tertempel  di dinding kereta Prambanan Express itu paling pagi jam 6.30, kok aku di kasih yang jam 6.50 ?? ahh sudahlah, mungkin sama aja. Aku ngacir keluar stasiun mencari sarapan sambil menunggu kereta. Sedikit cuek dengan keanehan yang ada di tiket (maklum pertama kali naik PramEx).
/blur

                Persis di depan pintu masuk stasiun ada Angkringan yang sedang ramai. Tiba tiba ada yang panggil-panggil. lelaki itu rambutnya ruwed, mukanya kucel, kaosnya merah, wow Oom Topik ! sudah di duga sebelumnya kalo dia memang sering pulang menggunakan KA Kahuripan dari bandung J tapi ga sampe kenyataan kaya gini juga, it's so coincidence.
/shock

                Sedikit ngobrol dan temu kangen setelah sekian lama ga ketemu dan curhat tentang Rinjani yang sampai sekarang belum berhasil di kunjungi. Ngopi-ngopi sambil menikmati nasi kucing dan goreng tempe adalah rutinitas pagi di angkringan, di Yogyakarta khususnya. Berbeda dengan keadaan kota lain di Indonesia. Jogja menyimpan banyak tradisi yang menenangkan warga dan tamunya. Membuat rasa rindu untuk kembali dan kembali lagi, pulang dan pulang lagi.
/lalala

                Pagi itu cuaca cukup mendung namun tidak menandakan akan turun hujan. Om Topik di jemput istrinya dan membayar kopi untuknya dan kami lalu ia pergi, "matur kesuwun njeh mas e". aku melanjutkan sarapan dan mengambil tempe satu lagi. Suasana kekeluargaan yang ditawarkan dari kedai pinggiran jalan.

                Seusai sarapan aku masuk kembali masuk stasiun dan menunggu PramEx. Jam 6.30 kepala stasiun membunyikan bel dan memberitahu bahwa PramEx masuk di jalur 2. Aku bingung, naik enggak yaa, kan di tiket jam 6.50. apa emang kereta ini ? waduhh… galau nih, efek pertama kali naik Pramex jadi cupu gini rasanya.
/sweat

                Naik juga akhirnya. Gerbong begitu penuh. Bangku kosong disana sini. Setelah kereta bergerak ke arah barat dan berhenti di Stasiun Tugu dulu. Setelah melewati sebuah stasiun kecil 2 orang kondektur naik di gerbong. Aku sedikit cemas, khawatir tiket ku akan bermasalah dan aku harus turun di stasiun selanjutnya, please god make it easy. Seorang kondektur wanita berdiri di depan ku dan aku berikan 2 tiket itu. Gak bisa ngumpetin muka cemas ku pas Bu Kondektur itu memeriksa tiket. Cekreek ! tiket ku sudah di lubangin dan sepertinya dia tidak sadar atau aku emang yang ga ngerti.
/wahaha

                Sedikit Flashback :

      3 tahun yang lalu, sekitar bulan juni-juli ketika liburan sekolah. Aku bersama 2 teman untuk pertama kalinya ke jogja sebagai kota pilihan backpacking. Berbekal kurang dari 100ribu untuk beberapa hari ngegembel. Bermodal peta dan informasi angkutan dan lainnya kami berhasil mendatangi hampir semua tempat wisata disana. 3 hari 3 malam kami hidup seadanya bermodal uang yang serba pas-pasan. Semangat anak muda yang bisa membuat bertahan makan nasi kucing sekali sehari dan minum air kran masjid sepanjang hari.
/madesu
     Saat jadwal kereta pulang sudah di tetapkan akhirnya kami bertiga berjalan dari alun-alun utara menuju stasiun Lempuyangan. Kesel ketika tau tiket yang tersedia sudah tidak menyisakan kursi alias free seat. Kami berencana menumpang kereta sebagai penumpang gelap tanpa tiket. Baru memikirkan apa yang mungkin terjadi saja membuatku khawatir dan cemas. Untuk masuk ke stasiun saja bingung mesti bohong apa ke petugas penjaga peron. Aku lupa caranya masuk saat itu, entah izin ke toilet atau izin mau sholat. Pokoknya ketika kereta itu datang kami naik sebisanya karena sangat penuh.
/maling
     Kereta berhenti di stasiun Wates. Kondektur mendekat di dengan di kawal Polsuska, Polisi Khusus Kereta Api. Beuuuuuuhhhh.. sumpah itu gue panik kaya apa.. berfikir berbagai cara buat mengelabuinya. Ngamen ??? mana ada alat musik, kicik-kicik aja kagak punya ! Ngasong ??? apa yang mau dijual ? masa jual diri ! Ngemis aja kali ya ??? mumpung udah kaya gembel beneran, kurus kering kumel, beuh bener banget !
/stres
     Ternyata pikiran gila yang terakhir itu di pecahkan oleh tarikan teman ku untuk segera loncat turun dari kereta. Ketika kondektur dan polsuska sedang adu cingcong dengan penumpang yang bermasalah kami bertiga loncat dan segera ngumpet entah dimana. Seingat ku di depan ku langsung sawah dan kami berjalan menuju arah perumahan. Ahh.. ga jadi jadi pengemis, masa udah jadi gembel mesti ngemis juga, gembel ga selamanya pengemis bro !

--- /ngantuk ---
                
                Aku terbangun. Ternyata aku ketiduran selepas Pramex melewati stasiun Wates. Ting Ting Tiing.. suara bel petugas yang menjual makanan kecil melewatiku. Jangan sampe deh kelewat lagi, lhooo tapi Pramex emang tujuan akhirnya Stasiun Kutoarjo. Jadi misal ketiduran paling nanti bangun sudah di Stasiun Solo Jebres, kebawa lagi sampe kereta balik !
/omg

                Semua penumpang turun di Stasiun Kutoarjo. 7.30 tepat aku sampai dan puas tidur dalam perjalanan. Aku sebentar masuk ke toilet GRATIS di stasiun untuk sikat gigi dan cuci muka. Males mandi jadi sedikit badan ku di lap dengan handuk basah dan parfum. Cara efektif menghemat waktu saat perjalanan, mandi nanti aja di Dieng, Pikirku. Ahhh nikmat memang rasanya keluar toilet tanpa harus bayar. ga seperti di kota-kota besar yang buat sampah aja bayar. gue yang ngasih kok gue yang mesti bayar ! (wkk wkk)
/wahaha

                Sejenak melihat jadwal kereta dari sini untuk mempersiapkan cara pulang. Mmm banyak pilihannya. Ada KA Bengawan, KA Progo, KA Kutojaya, KA Kahuripan, dan KA Sawunggalih. Sawunggalih lagi ! (inget waktu perjalanan ke Dieng pertama kali ! ).
              
                Flashback lagi :

                Bulan Juni tahun lalu, Yes! bulan Juni kenapa selalu bermasalah dengan kereta ! Aku sepulang dari Dieng berencana pulang menuju Cirebon menggunakan KA Progo yang berangkat jam setengah 7 malam. Sial ku dalam perjalanan pulang, bis dari Wonosobo menuju Purworejo ngetemnya masya Allah lamanyaaaa… tanpa diperhitungkan perjalanan Dieng-Kutoarjo sampai 4.5 jam ! seharusnya sudah mengantri tiket di loket untuk dapat tiket duduk. Tapi rencana hanya jadi rencana, seharusnya sampai jam 4 sore kami ngaret sampai jam 5 lewat. kami semua tidak mendapat nomer bangku di KA Progo. Sial !
/bata
      Ketika kereta datang jam 18.30 sore aku sudah siap berdiri di jalur 3. Masya Allah... di kereta para penumpang berdiri penuh di lorong hingga menyumpal pintu gerbong, setiap gerbong dari depan hingga belakang. Gerbong masinis tak luput dari penumpang yang nakal. Aku telusuri dari gerbong paling depan sampai belakang tak ada celah untuk masuk. Bukan hanya aku dan temanku saja yang tidak bisa masuk, hampir ratusan bernasib sama. Bingung mau naik gimana sedangkan tiket sudah ditangan dan kereta sudah akan segera berangkat.
/blur
      Sebuah kejadian ngeri terlihat di depanku. Seseorang yang hendak memaksa masuk menendang-nendang kaca pintu gerbong yang di tutup. Di dalam gerbong semua orang berpura-pura tidur dan tidak mendengar atau melihat keadaan yang chaos didepannya. Ia masih terus menendang sampai kaca tebal itu pecah dan berhamburan di ke dalam gerbong, ‘Woy! Bukaaa ! Duggh ! Brakk !” suara mulutnya sama dengan kasarnya tendangannya. Aku menjauh. Kacau !
/cektkp
       Bergerak ke gerbong belakang seorang bapak-bapak menarikku ketika akan naik gerbong paling belakang yang gelap. Gerbong itu tampak sepi, entah kenapa. Tapi bapak itu memaksa aku dan teman ku untuk tidak masuk. Aku bingung. Menurut saja.

       3 orang saat itu, aku , teman ku, dan seorang wanita. Satu teman ku sudah berhasil masuk entah gimana caranya. Hanya aku dan wanita ini yang kebingungan. And finnally the train start moving to the west…  left me and my girl (my girl ??).
/blush
      sebenarnya bisa saja aku naik tapi aku tidak mungkin meninggalkan dia (baca : dia #lho). Setelah kereta menghilang menjauh akhirnya kami berdua membeli tiket KA Sawunggalih dan keadaan tidak lebih baik. ‘Mas e, nyuwun sewuu.. kursi nomor ini udah ada saya mas e’. Nasiiib…









--- /madesu ---

                Aku berjalan meninggalkan stasiun dan berusaha meninggalkan sebuah kenangan pahit. Hingga menyeberang lampu merah dan sedikit bertanya untuk menuju terminal kepada Bapak Becak yang sedang mangkal. “zbrruub ,,bruubruu ,, 'piiippp'” Bapak itu berbicara dengan bahasa Jawa Kromo Inggil yang hanya sedikit aku mengerti.  “Pak De, Pardon me ??”

/sweat


                Aku masih berusaha mengerti bahasa yang bapak ucapkan. Tentu saja aku menjawab dengan sangat blepotan, entah itu kata dalam bahasa Jawa, Sunda, atau Cerbonan aku beneran kacau. Intinya sih bapak itu bilang kalo mau ke terminal bisa naik angkot dulu tapi nanti bakal lama ngetem di pasar. Terus bapak itu nawarin dalam bahasa jawa yang artinya kira-kira begini ;
  
“ayo dek, bapak anter aja naik becak sampai angkot udah lewat ngetemnya, soalnya nanti ngetem lama di pasar”  tentu dalam bahasa jawa halus.
“pinten pak de ?” tanyaku entah masuk bahasa jawa apa bahasa Cerbon.
“ berapa aja dek, becak bapak sih ga pake mesin seperti becak lain” hah ? mesin ?
“nggih mas e, monggo”
/cektkp

Yes ! aku duduk di becak dan bapak itu menggowes sekuat tenaga sampe nafasnya terdengar ke telinga ku. Akhirnya aku mengerti apa yang bapak maksud dengan ‘mesin’. Ketika Pak Becak mengayuh sampai mengerahkan otot sekujur tubuh silih berganti becak lain yang sudah menggunakan mesin lewat dengan santainya. Ngeeeeeeeeeenggg… becak itu menyusul jauh kedepan, rambut penumpangnya tertiup angin sepoy-sepoy. Ngoosss…ngooosss.. sedangkan aku disini berdoa semoga bapak ini tidak terkena serangan jantung karena ku .
/sweat
                Aku bilang ke Pak Becak, “Pak de, sampun teng riki mawon njeh” aku akhirnya tak tahan mendengar suara ngos-ngos makin dalam dari paru-paru tuanya. “sanggine mas, sedikit lagi” jawabnya terbata-bata dan terngos-ngos. Ternyata benar, tidak sampai 5 menit kemudian aku turun di alun-alun Kutoarjo. Aku keluarkan 3 lembar 5.000 rupiah, lebih 2 lembar dari tawaran awal. It's Okay...

                “matur kesuwun sanget, mas e” sambil muka bapak itu merah dan nafasnya seperti orang tenggelam terjebur di sungai.
                “njeh pak de, sehat yo, matur kesuwun malih njeh” salam perpisahan ku kepada Pak Tua yang sudah 40 tahun mengayuh becak itu. Wow !
/shock
                Life must go on ! aku lanjut naik angkot sampai ‘halte’ bis Purworejo-Wonosobo ngetem. Ahh.. sudah ada bis yang penuh dan siap jalan. Tersisa 3 bangku lagi dan bis pun jalan, 2 untuk ku dan nuril. Panas, pengap, keringat dan mual sudah menjalar kesuluruh tubuh. Hmmm tapi ada bau yang lain, duriaaan :D . ‘pinten bu ?’ tanya ku pada ibu yang duduk disamping. ‘gangsal ewu ajeng’ jawabnya dengan muka cemberut, biasanya 3000 katanya di desa.

                Sial, ternyata bis baru berangkat saat penumpang sudah benar-benar terisi penuh. 1 bangku di perhitungkan dan beneran deh itu nunggunya bikin jenggotan.  Lebih dari setengah jam sejak aku duduk dan mulai kepanasan dan yang lebih gila katanya ibu yang di depan itu sejak tadi malem sudah nunggu di bis ini. Whaaat !
/stres
                Setelah di kutuk para penumpang akhirnya sopir dan kernet memutuskan untuk berangkat. 1 bangku itu akhirnya tetap kosong sampai dengan bis ini berhenti di wonosobo. Tapi perjalanan tak mudah, jalur purworejo-wonosobo yang biasa di lalui dulu sekarang longsor dan belum diperbaiki. Bukan hanya waktu yang semakin lama tapi juga ongkos yang mahalnya 2 kali lipat. Ternyata jalur alternatifnya  ancur dan lubang sepanjang jalan walhasil aku minum antimo dan tidur pulas melupakan aku sedang ada dimana.

                “oper oper oper operrr .. !” 2 jam sudah aku tertidur dan bangun saat kernet teriak ingin memutar balik dan mengoper penumpang ke bis di depannya. Aku di oper di pasar Kentek, Wonosobo, hanya perlu 5 menit untuk sampai di Terminal Mendolo, Wonosobo. Bersyukur tidak merasakan terlalu hancurnya perjalanan bis purworejo-wonosobo berkat antimo. Pasti orang jawa yang buat obat ini. Kalo orang sunda namanya Anteuma atau orang jakarta namanya Antima ! apasiihh... (wkk wkk.. )
/dignose
                Terminal Mendolo sepiii.. hanya ada angkutan yang sedang bayar TPR. Aku bertanya-tanya kepada berbagai agen bis untuk jadwal pulang besok. Setelah semua beres dan jadwal tersusun (di kepala) aku lanjut naik angkot sampai tempat bis Dieng ngetem.

                Akhirnyaaaa ! ini bis terakhir untuk sampai di Dieng dan setelah itu blass bisa istirahat. Bis yang aku tunggu tidak lama datang tapi aku adalah 2 penumpang pertama. Tidak perlu ngetem lagi bis ini langsung ciao berangkat melewati Tieng Kejajar hingga terus mendaki perbukitan dan sampai di Dieng Plateau.

                 Bis melaju mengerang dan mengepulkan asap hitam ke jalanan. Satu persatu penumpang naik dan turun silih berganti. Kadang bis oleng mengikuti jalur yang meliak-liuk mengikuti kontur pegunungan. Sesekali bis ngerem mendadak hendak menaikan penumpang. Aku yakin ini bis mentok gigi satu pas jalur yang di daki lebih dari 60 derajat kemiringan ! mangkanya gue milih duduk di depan biar nanti kalo bis meluncur mundur gue nambraknya terakhir ! hahaha
/wahaha
                Hampir 1 jam bis masih berkelok berusaha menerabas kendaraan di kanan kiri. Udara semakin sejuk dan pemandangan Gunung Sindoro yang memukai ketika melewati Kawasan Tembi, salah satu jalur pendakiannya. Entah berapa lama lagi jalur ini terus menanjak. Dahulu ketika pertama ke Dieng aku menggunakan angkot carteran sehingga waktu tempuhnya berbeda. Dulu naik angkot kecepatannya pelan dan ga berhenti-berhenti. Lha ! sekarang naiknya minibus begini ngebut main ngerem mendadak aja. Sial, gue mual pengen muntah.. masa mesti minum antimo lagi…

/madesu


              Perasaan lega menjalar ke sekujur tubuh saat kaki turun menapak di Dataran Tinggi Dieng. Sampai sudah di tempat yang dituju setelah perjalanan yang cukup dramatis. Tak ada lagi stasiun terlewat dan tiket yang salah jam (please deh, ga usah di bahas lagi). Kini tinggal menikmati sore yang sejuk dan berembun dalam eksotisme kebudayaan dan ciptaan tuhan bernama Dieng. Feels like another hometown…
/hm
                Suasana sangat tenang dengan angin berhembus nyaman menerpa tubuh. Langit cerah dengan sedikit berawan kelabu di ujung langit utara. Hanya suara hiruk-pikuk dari kedai penjual durian yang sedang tawar menawar. Disini aku berdiri tersenyum bagaikan pemuda idaman yang baru pulang merantau dengan membawa segepok dollar dari negri seberang. Berjalan seolah telah mengenal seluk beluk jalanan dan perumahan. Hendak mencari sebuah tempat untuk bermalam dan istirahat melewati malam yang bakal dingin.

                Aku sampai di penginapan yang dahulu pernah disinggahi. Suasana kali ini sepi dan tenang. Suara TV Kabel menandakan bahwa rumah ini masih berpenghuni. Suara derit pintu yang berat terbuka memecah keheningan penginapan. Pak Dwi  menyambut kedatanganku dan menawarkan makanan dan teh hangat. Hangatnya sambutan itu sehangat teh yang mengalir melalui kerongkonganku. akhirnya gue sampai juga..
/sweat
                Kamar yang hangat dan nyaman menggoda ku untuk segera istirahat dan melepas lelah. Membasuh muka dan menunaikan sholat ashar sebagai rasa syukur kepada Sang Pencipta semesta. Kedamaian memenuhi pikiran dan batin ku. sejenak merebahkan badan di atas kasur springbed yang hangat.  Ku arahkan remote TV Kabel dan memilih beberapa channel favorit. Kubiarkan TV berisik dengan kesibukannya sendiri sedangkan aku melepas penat dan membuka jendela menikmati lanskap Gunung Prau. Ohh man.. if tomorrow is always Sunday it must be heaven…
/please
                Menjelang sore aku pergi mengelilingin Dieng  menggunakan motor sewaan. Cuaca berubah mendung dan angin semakin dingin menerpa. Dieng 2 menjadi pilihan ku karena dulu belum sempat mengunjungi spots yang ada disana. Lembah dan perbukitan yang indah memanjang dan kepulan asap belerang dari kawah-kawah dikejauhan melayang tinggi. Ladang kentang dan sayur mayoritas menjadi pilihan petani di dataran tinggi ini. Sumur-sumur panas bumi dan pipa penyalurnya meliak-liuk sepanjang mata memandang dan saling berhubungan. Sungguh eksotis, ini adalaha kawasan dataran tertinggi di indonesia yang didiami manusia. “This is abode of the god’s”, kata salah seorang temanku dalam sebuah tulisannya.

                Melintasi perbukitan dan jalan yang meliuk naik turun hingga sampai disebuah telaga di atas bukit. Aku memarkir motorku dan berjalan di atas rumput setinggi lutut. Langit berawan dan kabut turun mendinginkan permukaan telaga. Duduk di atas bukit dan memandang ketenangan permukaan telaga yang mistik dan eksotik.  Suasana yang sangat romantis mengundang pemuda-pemudi menghabiskan waktu sorenya duduk di atas rerumputan sambil bermadu kasih. Telaga di atas perbukitan dan di dalam sebuah kaldera gunung purba, Telaga Merdada. Ini bukan negeri dongeng kan ?
/hmm
                Langit semakin suram dan rintik gerimis menemani perjalanan kembali ke penginapan. Namun belum puas rasanya menghabiskan sore itu dengan ke telaga saja. Berbelok menuju kawasan Candi Arjuna terlebih dahulu sebelum kembali. Aku bisa kemana saja. This is my own trip and I am the tour guide for myself.

                Keramaian lebih terasa disini dengan adanya kios  pedagang oleh-oleh khas Dieng, kawasan ini merupakan salah satu spot terbaik di Dieng. Ini tempat yang paling tertata dan di urus pemerintah setempat. Dengan adanya berbagai fasilitas seperti balkon, kios, taman, parkiran luas, dan toilet umum menandakan seriusnya pemerintah dalam mengelola tempat ini.

                Membiarkan motor terparkir ditempatnya aku berjalan menyusuri jalan setapak dengan segenggam kentang goreng hangat, nikmatnyaa. Duduk diundakan dan langit yang luas dengan awan berarak rendah menandakan hujan akan turun. Candi Arjuna dan beberapa candi disampingnya, serta banyak lagi candi di tanah ini merupakan peninggalan agama Hindu yang berada diluar Pulau Bali. Bukti hubungan purba masyarakat Dieng dan Bali dahulu kala yang luar biasa.

                Keadaan yang sangat jauh berbeda dari kala pertama aku ke kawasan ini. Upacara adat tahunan Dieng kala itu sangat mengundang antusiasme turis domestik maupun mancanegara. Tempat ini menjadi titik puncak acara saat itu. Ruwatan yang kolosal itu aku saksikan dengan mata kepala sendiri. Momen luar biasa yang tidak banyak orang bisa menyaksikannya. Acara ‘Potong Rambut’ itu sakral dan mistis. Cuaca dieng yang biasa mendung dan dingin berubah panas terik dan sinar matahari membakar bagaikan Jakarta. Tidak ada satu gumpal awan yang melintas di tempat ini. Semua berjalan lancar dan sempurna sampai membius mata kami dengan sakralnya upacara itu. Wonderful !

                Aku kembali ke penginapan dengan membawa 2 pack Carica masing-masing 6 botol didalamnya. Buah tangan untuk orang rumah sebagai tanda bahwa aku tidak melupakan mereka dimanapun aku berada. Tau kah Kamu ??? Ketika semua botol sudah habis dan kering namun lidah ini belum terpuaskan, itulah saat-saat kerinduan akan Dieng mulai muncul. Manissss dan nikmatnya…
/please
                Hujan turun tepat saat aku masuk dan memparkir motor di halaman penginapan.  Pak Dwi heran mengapa aku kembali begitu cepat.
“Hujan pak, nanti masuk angin dan besok pagi-pagi kami mesti ngejar bis terpagi”, jelasku singkat padat kepada Pak Dwi yang menawarkan teh panas.

                “Permisi dulu ya Pak, mau makan dulu di depan, mau nyobain Soto atau Basonya, cari yang hangat-hangat”, aku segera berjalan kedepan dan memilih antara soto atau baso yang akan dipesan. Ahh aku mau soto ayam plus nasi saja, kuahnya lumayan buat menghangatkan tubuh dan nasinya buat memuaskan lambung. 1 porsi penuh di hidangkan dan 5 menit kemudian kuah hangat itu mendingin dan belum habis nasi nya aku sudah pamit dan bayar penuh.

                Adzan magrib berkumandang dari Dataran Tinggi 'seribu masjid' ini. Tak kurang ratusan masjid terdapat di wilayah ini. Hanya dalam jarang 100 meter anda akan segera menemukan masjid lagi lagi dan lagi.

Desa Sembungan sebagai desa tertinggi di tanah Jawa adalah salah satu desa dengan jumlah masjid terbanyak. Setiap warganya menggunakan busana penutup aurat sepanjang hari. Sopan, ramah, bersahabat dan religius, itulah kesan saat pertama kali singgah ke desa ini.

                Setelah seharian dalam perjalanan kemudian berbaring di dalam kamar yang hangat membuat tidak menunggu lama untuk segera mengantuk dan tidur. Selepas adzan isya aku tertidur dan highlight pertandingan Manchaster United vs Liverpool berisik. Mengunci pintu, merapatkan selimut dan memejamkan mata lalu sekejap kemudian aku sudah terbang melayang entah kemana. Sungguh tenang dan damai, kata yang tepat untuk menggambarkan suasana saat itu. This place is one of the best god’s creation…

                Suara berisik TV membangunkan ku. Real Madrid vs Real Zaragoza membuatku sedikit tersadar dan berniat nonton sampai usai kelak. Gagal. Tidak lama aku tertidur lagi dan kali ini Barcelona dengan entah kesebelasan apa yang sedang dilawannya. Sambil tidur ayam aku mengikuti jalannya pertandingan. Hingga Pak Dwi mengetuk pintu dan menanyakan mau sarapan apa. Ohh.. dia tau kalo aku mau pulang pagi. Tak lama berpikir langsung saja ku pesan nasi goreng untuk sarapan dan teh panas. Dan aku tertidur.. lagi..
/ngantuk
                “mas, bangun masss.. sarapannya sudah siap dibawah.. siap-siap dulu aja nanti bis bentar lagi datang”, ketuk kedua Pak Dwi dan aku terkaget dan segera ke air dan wudhu untuk sholat subuh dulu. Belum sempat packing malam tadi membuatku memasukan semuanya secara acak dan berantakan. “ahh sudahlah, nanti saja di terminal rapihinnya deh”, ujarku dalam hati sambil merapikan semuanya.

                Jam 4.30 shubuh. 15 menit sebelum jam bis pertama menuju wonosobo take off. Kali ini semua jadwal dipikiranku harus teratur dan terlaksana dengan baik. Sarapan fried rice with egg and hot tea menjadi menu pagi hari yang membuat shock pencernaanku. Senjata ampuh Cajuput Oil meredam gejolak dari dalam lambung untuk beberapa saat. Alhamdulillah…
/sweat
                Kenyang, tentram dan damai. Saat mengetahui bahwa bis Dieng-Wonosobo terlambat 15 menit dari biasanya. Come on God, I don’t have to wake up early and packing so quick like that if u tell me earlier. Takdir sudahlah takdir. udah di kasih enak masih aja ngeluh. Manusiaaa manusiaaaa…

                “Pak Dwi, aku nanti kesini lagi awal maret ya, mohon disiapkan semuanya nanti”, pinta ku sambil berpamitan dan menjabat tangannya. Dia sangat baik dan ramah dalam menyambut tamu baik domestik atau mancanegara. Sifate wong jowo aslie njeh, mas e…

                Aku duduk di belakang supir dan meletakan backpack di belakang bangku ku. perjalanan turun yang meliuk-liuk di terangi sedikit sinar mentari pagi dari balik gunung Sindoro yang menawan. Langit mendung dan berawan membuat kecewa para Sunrise Hunter yang sudah lelah mendaki Sikunir Shubuh tadi. Hanya awan putih dan cahaya keperakan yang muncul dari horizon timur pagi ini.

                Hari yang singkat aku habiskan di Dieng kali ini. Perjalanan menuju wonosobo kali ini tentram damai dan sejuk. Aku tertidur bersandar pada bangku yang empuknya pas-pasan ini. Tapi drama belum berakhir, ternyata. Aku terbangun oleh suara teriakan para penumpang dan segera setelah itu sebuah benda hitam melayang terbang keluar pintu bis yang terbuka lebar. Backpack ku terbang mencari kesegaran pagi dan berguling menuruni jalan pagi saat bis menikung tajam.  Yaaa, itu backpack jatuh dan gue  mesti lari-lari ngambil ke jalan yang tadi bis lewatin, asal tau aja ya itu bis ngebut nya kaya setan, sama kaya penumpangnya ! semua penumpang tertawa dan aku naik lagi dengan muka kaya orang  bodoh. hahaha.
/blush
                Terminal Mendolo kali ini cukup ramai (tetep aja kalo di bandingin sama Kp. Rambutan ga ada apa-apanya, Kp Rambutan jam 12 malem juga tetep lebih rame dari Mendolo jam 12 siang !). aku segera ke loket Bis yang menuju Jakarta. Yups ! sekarang masih jam 6 dan jadwal berjalan sesuai rencana. Tiket bis menuju jakarta sudah di tangah. Segera aku naik ke bis Eksekutif AC PATAS bernomor polisi ‘B 7359 AG’ dengan nomor bangku 11 .

ahhh membayangkan perjalanan pulang yang nyaman tanpa bersusah-susah mengantri tiket di kutoarjo. Membayangkan perjalanan Wonosobo-Kutoarjo aja rasanya perutku mules lagi. FYI ya, harga sebuah tiket bis EKSEKUTIF AC PATAS ini sama dengan ongkos ke jakarta via Kutoarjo naik kereta EKONOMI. Makan tuh kereta ekonomi..
/cihui
This is the improvisation man ! ga mesti selalu ngejar kereta, ngantri tiket, ketinggalan kereta, atau kereta penuh dan yang paling bikin sakit hati dari perjalanan ke dieng dulu adalah ternyata Bis (sekali lagi) EKSEKUTIF PATAS AC ini harga nya sama dengan misal kamu ngegembel ke kutoarjo.

Fasilitas nyaman itu ga selamanya mahal dan yang susah itu ga selamanya murah. sumpah gue ngakak … dasar kadal ! hahahahaha (kenapa kadal ??)
/wahaha
perjalanan gue kali ini pokoknya berakhir kaya di dongeng atau drama-drama, Happilly ever after. Rasanya sesuatu banget setelah perjalanan berangkat yang penuh drama dan semuanya berakhir bahagia. Kenyang, nyaman, aman, adem, dan harga yang dibayar sama dengan harga misal kamu ngesot ke jakarta via Kutoarjo(sekali lagi di ingetin). semuuuuaaa ongkos ku kali ini sama dengan misal ke Dieng Ngesot via Kutoarjo. Mantap kan !
/peace
banyak banget hikmah dari perjalanan kali ini. Semua itu ga akan ada jika ‘My Partner In Crime’ ga ambil stasiun Tanah Abang sebagai tujuan galaunya. Atau jika ternyata aku berhalangan menemaninya. Dan yang lebih sakit hati jika ternyata aku mesti ke kutoarjo lagi. It’s never happened..

thanks to my parents for support me ever after and of course my beloved partner in crime. Her name is Nuril. May Allah Bless U, Always..
 /blush
Gue pulang dengan bahagia dan lancar jaya, selamanyaa..…

/wahaha /wahaha

2 Comment:

nuril mengatakan...

ahahahahahaha... /wahaha
selamat bergila ria ya om Halim.. *sorry for making you felt "a little bit" shock.. /blush
biar ngedadak gitu, tapi tiap perjalan punya hikmahnya kaan.. /ehmehm

Halimich mengatakan...

hahahaha gilaaa kamu ril /bata

but. it's okay.. seru banget kemarin ya /peace

ceritanya masih bersambung.. hikmahnya masih banyaaaak /sweat

Posting Komentar

Haloo !

Silakan mengisi Form di bawah ini untuk meninggalkan komentar pada tulisan ini.

 
; Blogger Widgets