1 Nov 2011

MARI MENJELAJAH INDONESIA ALA MAHASISWA

Editor : Nurilla Azizah

            Indonesia adalah negara yang sangat indah dan menarik baik dari sisi keindahan alam ataupun ragam budayanya. Jangan terlalu jauh membentangkan dari Sabang sampai Merauke, sekedar wilayah Jawa Barat saja sudah sulit untuk dijelajahi seluruh keindahannya. Berusaha menyusuri semua keindahan itu satu persatu, misalnya dengan cara bepergian ke suatu tempat atau travelling, tentu akan membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang tidak murah. Lantas, bisakah semua keindahan itu dinikmati oleh kita yang notabene masih mahasiswa?




            Mahasiswa adalah sebutan bagi orang yang sedang menjalani pendidikan tinggi di sebuah universitas atau perguruan tinggi. Tugas ,ujian, ataupun organisasi di kampus yang cukup menyibukkan membuat kebanyakan mahasiswa hanya mempunyai sedikit waktu untuk bisa bersantai. Sedangkan kita memiliki hobi travelling dan sulit untuk berhenti memikirkannya. So, Bagaimana cara menyeimbangkan antara kuliah dengan hobi seperti travelling  agar kita bisa menjelajah Indonesia dan tetap berprestasi di kampus ?

Masalah lain yang dimiliki mahasiswa untuk travelling bukan hanya waktu yang terbatas, tapi juga uang yang masih didapatkan dari orang tua yang seringnya tidak cukup untuk melakukan semua itu. Uang bukan segalanya, tapi memang perlu untuk menunjang berbagai hal. Untuk makan saja sudah ngirit  apalagi untuk hal-hal lain yang sifatnya tidak terlalu penting, sebagian besar berfikir itu terlalu pemborosan.


Menyusun Jadwal dan Rencana

            Ingin sekali rasanya bisa berpetualang keliling Indonesia saat masih jadi mahasiswa tapi tidak mengganggu jadwal kuliah, tapi bagaimana caranya? Itulah yang penulis pikirkan dulu ketika baru resmi jadi mahasiswa. Hasrat menggebu ingin kuliah sebaik-baiknya tapi pikiran tidak bisa jauh dari pesona alam Indonesia. Langkah kecil yang harus dilakukan adalah mengatur jadwal seefektif mungkin.

Lihat dan cermati jadwal kuliah, hari mana yang bisa digunakan untuk waktu senggang mengerjakan tugas, akhir pekan yang akan digunakan untuk ‘jalan-jalan’. Tandai juga hari libur pada kalender berdasarkan Pedoman Akademik kuliah, tanggal berapa UTS, UAS atau momen libur lainnya. Dan yang terpenting adalah cari HarPitNas tahun ini dan setahun kedepan, ini akan sangat membantu bagi mahasiswa yang sangat sibuk.






Memilih Cara dalam Berpergian

Travelling atau kegiatan lain yang bisa disebut Jalan-jalan bagi sebagian orang adalah kegiatan yang menghabiskan banyak uang, apakah itu benar ? tentu tidak. Apalagi bagi mahasiswa yang sumber keuangan utamanya adalah orang tua tentu harus menyesuaikan dengan keperluan lainnya yang lebih penting. Banyak cara dalam melakukan perjalanan yang tidak perlu menghabiskan banyak uang. Jadi bagaimana cara agar mahasiswa bisa tetap menikmati perjalanan dan terus bertahan hidup di dunia kuliah ?

Backpacker adalah salah satu cara melakukan perjalanan yang tidak menghabiskan banyak uang. Mengeluarkan uang seminimal mungkin tapi tetap menikmati perjalanan semaksimal mungkin. Caranya adalah mempertimbangkan angkutan ekonomi sebagai moda utama, mengganti penginapan dengan tenda untuk bermalam dan pergi berkelompok agar bisa share cost budget. Masih banyak cara untuk melakukan perjalanan yang murah meriah tapi tetap mengasyikan. Kita tidak perlu kaya untuk bisa menikmati Indonesia dan tidak perlu sengsara untuk bisa menghemat. You just need to improve those ways by yourself.


Menabung, Menabung dan Menabung

Menabung adalah langkah kecil yang akan mengantarkan kita kepada sebuah perjalanan. kita mempunyai niat besar, tekad kuat, tapi tentu membutuhkan cukup uang untuk memulainya. Seberapa banyak kita harus menabung untuk bisa berpergian ? Bagi mahasiswa tentu bukan nominal yang harus besar apalagi bagi seorang backpacker.

Cobalah menabung dengan menyisihkan sebagian uang di awal, bukan di akhir ketika kita sedang kesulitan. Dari pengalaman penulis sendiri hanya menabung sekitar 20 % dari seluruh jatah uang makan selama sebulan, dan tentu itu bukan nominal yang besar. Sesuaikanlah dengan jadwal yang telah Anda buat. Yang perlu diperhatikan saat menabung adalah pisahkan antara uang Berpergian dengan Tabungan asli, tabungan yang memang untuk simpanan jangka panjang. Tentu semua itu membutuhkan komitmen Anda sendiri dalam menjalankan niat kunci utamannya.


Beberapa hal terpenting adalah perbanyak koneksi pertemanan, kita tidak akan merugi mempunyai banyak teman. Pandai menabung, karena dari hal kecil kita bisa menjalankan niat yang besar. Susun rencana hidup kita tapi jangan terlalu terpaku dan serius, yang penting kita bisa tahu benar apa yang harus dilakukan. Dan yang terakhir adalah tetap pada jalur yang diimpikan orang tua kita, karena dari sana juga kita berawal.

Sekarang yang Anda harus lakukan adalah melangkah kecil keluar rumah, mencoba mendatangi tempat menarik yang dekat dari rumah, bersepeda sedikit lebih jauh, dan mencari potensi wisata baru di daerah Anda. Masyarakat di Indonesia justru kurang mengenal wisata dalam negerinya padahal Indonesia itu bukan hanya Bali. Masih sangat banyak tempat eksotis lain yang perlu kita ketahui, nikmati dan jelajahi. Semua itu bisa dilakukan dengan murah meriah oleh semua orang, termasuk mahasiswa.

Mari kita jelajahi Negeri Indonesia, daki puncak tertinggi, selami lautan terdalam dan sebarkan semangat cinta Indonesia. Jangan lupa untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan hidup. Menikmati Indonesia itu tidak perlu mahal dan sulit, It’s not about the Destination, but the Journey.









1 Comment:

amir mengatakan...

nice picture

Posting Komentar

Haloo !

Silakan mengisi Form di bawah ini untuk meninggalkan komentar pada tulisan ini.

 
; Blogger Widgets